Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 2 (2023): Januari-Juni

Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDII Luqman Al-Hakim 02 Batam

Isropil Siregar (STIT Hidayatullah Batam)
Syidratul Muntaha (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatullah Batam Kepulauan Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA Sistem Peredaran darah manusia kelas V di SDII Luqman Al-Hakim 02 Batam. Variabel bebas yang dipakai adalah mind mapping, dan variabel terikat adalah hasil belajar IPA sistem peredaran darah manusia. Menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik nonprobability sampling. Karena populasi di bawah 100 (75 responden), semua anggota populasi menjadi sampel. Kemudian dari hasil perhitungan koefesien determinasi terdapat nilai persentase sebesar 14,3%. Sehingga dapat diketahui bahwa keterpengaruhan metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V SD sebesar 14,3%, dan selebihnya 85,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal dapat dikatakan bahwa penggunaan metode mind mapping mempengaruhi hasil belajar sistem peredaran darah manusia pada mata pelajaran IPA kelas V SD Islam Integral Lukman Al-Hakim 02 Batam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...