Tadribuna: Journal of Islamic Management Education
Vol 2 No 1 (2021): Juli - Desember

Manajemen Perubahan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Imam Syafi’i Kota Batam

Isropil Siregar (STIT Hidayatullah Batam)
Romiyanti Romiyanti (STIT Hidayatullah Batam)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Manajemen perubahan pembelajaran perlu dilakukan pada masa pandemi Covid-19 agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pembelajaran tatap muka tidak bisa dilakukan karena pandemi Covid-19 sangat mudah menyebar dengan jumlah kasus yang tinggi di Indonesia dan kota Batam khususnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan evaluasi manajemen perubahan pembelajaran di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Imam Syafi'i Sagulung Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori perubahan belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tiagi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data yang relevan, menjelaskan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Ula Imam Syafi'i telah menerapkan pembelajaran terbatas secara daring dan tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan. Pembelajaran online dilakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp, google classroom, zoom dan video pembelajaran yang dibuat oleh guru. Evaluasi pembelajaran di Pondok Pesantren Salafiyah Ula Imam Syafi'i Sagulung Kota Batam meliputi tugas harian, ulangan harian, dan ujian semester.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tadribunajournals

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tadribuna: Journal of Islamic Education Management adalah Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Islam yang mempublikasikan artikel ilmiah dan penelitian lapangan di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Ruang Lingkup Jurnal Tadribuna meliputi: Modernisasi Pendidikan Islam Kebijakan Pendidikan Islam ...