Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping pada model pembelajaran SFE terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Tanralili pada materi pokok hidrokarbon. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping pada model pembelajaran SFE dan pembelajaran tanpa menggunakan metode Mind Mapping pada model pembelajaran SFE, variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X1 – X6 SMA Negeri 5 Tanralili. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan sampel penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung > ttabel = 2.54 > 2,01 pada ═ 0,05 untuk hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Tanralili pada materi pokok hidrokarbon.
Copyrights © 2021