Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Peran Sukarelawan Terhadap Anak Putus Sekolah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa

Haeruddin Haeruddin (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muh Ilham (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Mujizatullah Mujizatullah (Pusat Riset Khazanah Keagamaan dan Peradaban BRIN)
Nur Inayati Saiful (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak)
Karina Arfany Arfah (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Studi ini mendiskripsikan peran sukarelawan terhadap anak putus sekolah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam menjelaskan secara komprehensif peran sukarelawan dengan mengambil lokasi penelitian di Kecamatan Patallassang. Data yang digunaka oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder dan tekni yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran sukarelawan sangat membantu bagi anak yang putus sekolah dengan memberi pengetahuan, pemahaman untuk tidak melakukan tindak kejahatan karena ketika malakukannya anak putus sekolah akan bermasalah dengan hukum. 2) Sukarelawan berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar nantinya jika menemukan masalah dalam hal pembinaan, pihak pemerintah juga dapat membantu baik itu bantuan materi ataupun bantuan tenaga dalam hal pembinaan anak putus sekolah. 3) Sukarelawan memberikan pembinaan psikologi untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak-anak yang putus sekolah. Karena anak-anak yang tidak terdaftar secara resmi di sekolah formal, setiap harinya mereka hanya bekerja. 4) Sukarelawan melakukan pembinaan kepada anak putus sekolah dengan mengadakan berbagai kegiatan positif. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...