Sirok Bastra
Vol 11, No 1 (2023): Sirok Bastra

MENULIS TEKS OBSERVASI MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF ANALYTIC TEAM DENGAN TEKNIK IDENTIFIKASI OBJEK

Kurniati Kurniati (SMKN 1 SUNGAILIAT)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Menulis teks observasi merupakan bagian keterampilan berbahasa siswa. Namun, pada tahap penilaian, diperoleh hasil yang tidak memuaskan. Upaya meningkatkan kemampuan menulis dilakukan melalui pembelajaran dengan membangun kerja sama (kolaboratif) analytic team yang memotivasi pengetahuan, pemahaman, dan rasa percaya diri siswa. Peserta didik berkelompok melakukan pengamatan secara intensif. Dengan membagi anggota tim dalam tugas- yang masing-masing memiliki data dan pendalaman. Hasil tindakan menunjukkan motivasi belajar dan hasil evaluasi belajar lebih meningkat. Pembelajaran kolaboratif analytic team dengan teknik identifikasi objek menghasilkan pengembangan sikap, peningkatan kompetensi, dan keterampilan dalam menulis hasil pengamatan. Tujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks observasi tercapai dengan baik (tuntas).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sirokbastra

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

SIROK BASTRA is a journal which publishes language literature and language literature education research, either Indonesian, local, or foreign research. All articles in SIROK BASTRA have passed the reviewing process by peer reviewers and edited by editors. SIROK BASTRA is published by Kantor Bahasa ...