Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Matematika Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share

Astuti, Astuti (Unknown)
Laia, Olembata (Unknown)
Jannati , Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar akademik siswa kelas VIII SMP Negeri dua Kampar Utara dengan menggunakan metode kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini dua puluh enam siswa atau siswi SMP Negeri dua Kampar Utara kelas VIII, enam belas laki-laki dan sepuluh. perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Yang terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Think Pair Share siswa kelas VIII dirasa dapat meningkatkan proses pembelajaran dengan baik.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan hasil pembelajaran kooperatif tipe think pair share memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N dua Kampar Utara

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...