Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Blended Learning dengan Wordwall

Saptaaji, Ahmad Budi (Unknown)
Burhanudin, Burhanudin (Unknown)
Basukiyatno, Basukiyatno (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Kebodohan pembelajaran daring berdampak pada menurunnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan melalui Action Research  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menggunakan desain pembelajaran Blended Learning  yang dibantu oleh Wordwall. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMPN tiga Adiwerna Kabupaten Tegal sebanyak tiga puluh dua siswa. Penelitian dilakukan pada bulan  April sampai Mei  pada semester II tahun ajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi untuk memperoleh informasi kegiatan pembelajaran, rubrik untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian action menunjukkan temuan sebagai berikut,  bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, dengan selisih nilai rerata kemampuan berpikir kritis siswa dari Siklus I sampai Siklus II.  rerata hasil belajar siswa meningkat, dengan selisih nilai dari Siklus I sampai Siklus II .Sedangkan persentase hasil pembelajaran klasikal peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...