Kebodohan pembelajaran daring berdampak pada menurunnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan melalui Action Research bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menggunakan desain pembelajaran Blended Learning yang dibantu oleh Wordwall. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMPN tiga Adiwerna Kabupaten Tegal sebanyak tiga puluh dua siswa. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai Mei pada semester II tahun ajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi untuk memperoleh informasi kegiatan pembelajaran, rubrik untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian action menunjukkan temuan sebagai berikut, bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, dengan selisih nilai rerata kemampuan berpikir kritis siswa dari Siklus I sampai Siklus II. rerata hasil belajar siswa meningkat, dengan selisih nilai dari Siklus I sampai Siklus II .Sedangkan persentase hasil pembelajaran klasikal peningkatan.
Copyrights © 2023