Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Metafora dalam Komunikasi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpri sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra

Astri, Nanda Dwi (Unknown)
Naibaho, Margareta Desnawati (Unknown)
Riyanto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Metafora merupakan salah satu elemen penting dalam komunikasi bahasa dan sastra, memiliki peran signifikan dalam memahami dan mengungkapkan makna secara kreatif. Namun, pemanfaatan metafora sebagai bahan ajar apresiasi sastra masih terbatas dalam konteks mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di FKIP UNPRI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metafora dalam komunikasi mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UNPRI sebagai potensi bahan ajar apresiasi sastra yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis metafora yang digunakan oleh mahasiswa dalam komunikasi sehari-hari serta potensinya sebagai bahan ajar apresiasi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP UNPRI secara kreatif menggunakan berbagai jenis metafora dalam komunikasi sehari-hari mereka. Metafora ini memiliki potensi yang besar sebagai bahan ajar apresiasi sastra, membantu mahasiswa memahami konsep-konsep sastra secara lebih mendalam dan kontekstual. Dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, penggunaan metafora dalam komunikasi mahasiswa FKIP UNPRI dapat diintegrasikan sebagai bahan ajar apresiasi sastra yang inovatif dan efektif. Dengan memanfaatkan metafora sebagai alat pembelajaran, mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang unsur-unsur sastra dan meningkatkan kemampuan analitis serta interpretatif dalam karya sastra.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...