COMMENTATE: Journal of Communication Management
Vol. 4 No. 1 (2023): COMMENTATE: Journal of Communication Management

Analisis Implementasi Gaya Kepemimpinan Pada Path-Goal Theory Melalui Program Management Trainee Biznet Networks

Taufan Teguh Akbari (Unknown)
Wahyuni, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Path-Goal Theory dalam Program Management Trainee di Biznet, dengan fokus pada interaksi antara Manager Trainer, Trainer, dan Trainee. Kajian dilakukan dengan paradigma konstruktivis, dengan menggunakan metode studi kasus yang dikembangkan oleh Robert K. Yin. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD) untuk mengumpulkan data primer dan dokumentasi (data sekunder). Wawancara mendalam dan FGD melibatkan 13 peserta, termasuk pengelola pelatihan, anggota tim pelatihan, dan peserta pelatihan. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua gaya komunikasi kepemimpinan diterapkan secara efektif dalam program MT. Dalam program MT, manajer cenderung menggunakan komunikasi direktif dalam berbagai situasi interaksi komunikasi. Gaya komunikasi kepemimpinan yang cenderung direktif ini kurang mempertimbangkan locus of control di antara bawahan, terutama para peserta pelatihan. Manajer menggunakan komunikasi direktif dengan bawahan dengan lokus kontrol internal, sedangkan bagi mereka dengan lokus kontrol eksternal, komunikasi kepemimpinan cenderung bersifat diktator, menghakimi, diskriminatif, dan sebagainya. Kata kunci: Management Training; Path Goal Theory; Biznet; Kepemimpinan; Komunikasi Kepemimpinan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

commentate

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

The objective of COMMENTATE: Journal of Communication Management is to encourage research related but not limited to: 1. Corporate communication. Communication that involves a set of activities with external and internal stakeholders to create favourable conditions. 2. Media communication. ...