At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 7, No 2 (2023): At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Pengaruh Pemahaman Iklan Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Atika Nurul Aulia (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Ruli Astuti (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemahaman iklan audio visual dengan keterampilan menyimak dan berbicara siswa sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional melalui analisa data dengan menggunakan  uji regresi. Sampel pada penelitian ini adalah 22 siswa kelas V di SD Negeri Banjarsari Kabupaten Sidoarjo. Perolehan hasil data penelitian ini membuktikan bahwa, 1) Adanya pengaruh signifikan antara pemahaman iklan audio visual terhadap keterampilan menyimak sebesar 18,9% sedangkan 81,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati. 2) Pemahaman iklan audio visual terhadap keterampilan berbicara siswa mempunyai pengaruh sebesar 25,8% sedangkan 74,2% dan sisanya disebabkan oleh variabel lain yang tidak diamati. 3) Pengaruh pemahaman iklan audio visual terhadap dengan keterampilan menyimak dan berbicara siswa sebesar 27,8% dan 72,2% lainnya dipengaruh oleh faktor lain. Sehingga disimpulkan bahwa pemahaman iklan audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa sekolah dasar.Abstract: This research aims to analyze the influence of understanding audio-visual advertising on elementary school students' listening and speaking skills. The approach used in this research is a quantitative correlational approach through data analysis using regression tests. The sample in this study was 22 class V students at SD Negeri Banjarsari, Sidoarjo Regency. Obtaining the results of this research data proves that 1) There is a significant influence between understanding audio-visual advertising and listening skills at 18.9%. In comparison, the other 81.1% is influenced by other variables that are not observed. 2) Understanding audio-visual advertising on students' speaking skills influences 25.8% while 74.2% and the rest is caused by other variables that are not observed. 3) The influence of understanding audio-visual advertisements on students' listening and speaking skills is 27.8%, and other factors influence the other 72.2%. So, it is concluded that understanding audio-visual advertisements influences the listening and speaking skills of elementary school students.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

at-thulab

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The focus and scope of At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is: Curriculum Development in Elementary Education (MI/SD), Learning Mathematics, Science, Social Studies, Civics, English, Indonesian, Islamic Education, Art and Local content in Elementary Education (MI/SD), Media and ...