Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2023)

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizwhizzer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Alat Optik

Sri Dinda Lestari Ismail (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Haris Odja (Universitas Negeri Gorontalo)
Linda Suronoto (SMA Negeri 1 Kota Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar konsep alat optik melalui penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi Quizwhizzer pada peserta didik Kelas XI IPA5 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa: (1) pada siklus I, skor rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 70,71 dari skor ideal 100, dan persentase peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 70%. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,28 dari nilai ideal 100 dan persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 80%. (2) aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 74,29% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 82,86% dengan kriteria sangat baik. (3) aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 63,57% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 67,21% dengan kriteria baik pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model problem based learning berbantuan Aplikasi Quizwhizzer dapat meningkatkan hasil belajar konsep alat optik peserta didik di kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Gorontalo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...