Pramana: Jurnal Hasil Penelitian
Vol 3, No 1 (2023)

Efektivitas Flipped Learning Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Minat Berwirausaha Pada Pembelajaran Kewirausahaan

Ni Putu Fitri Widiastiti (Universitas Dhyana Pura, Jl. Raya Padang Luwih, Br.Tegaljaya, Dalung, Kuta Utara, Badung, Bali)
I Gusti Ayu Agung Sinta Diarini (Universitas Dhyana Pura, Jl. Raya Padang Luwih, Br.Tegaljaya, Dalung, Kuta Utara, Badung, Bali)
I Putu Pranatha Sentosa (Universitas Dhyana Pura, Jl. Raya Padang Luwih, Br.Tegaljaya, Dalung, Kuta Utara, Badung, Bali)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Bertambahnya lulusan SMK di setiap tahunnya menjadi penyumbang angka pengangguran terbesar di Indonesia. Hadirnya mata pelajaran produk kreatif dan kewirausaha tata boga diharapkan menjadi wadah dalam membantu siswa untuk bekerja ataupun belajar membuka usaha. Terdapat hambatan dalam penerapan pembelajaran, seperti masih rendahnya akativitas belajar siswa dan minat berwirausaha yang disebabkan oleh siswa yang belum memiliki keberanian untuk mengajukan pertanyaan, menjawab ataupun mengomentari pendapat siswa lainnya saat berdiskusi dan tidak jarang siswa lebih memilih mengulur waktu untuk mempresentasikan produk boga yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan minat berwirauha melalui efektivitas flipped learning pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan tata boga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI TB 1 SMK PGRI 3 Badung yang berjumlah 35 orang. Hasil dalam penilitian ini menunjukkan bahwa flipped learning 97% mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dan 82,03% mampu meningkatkan minat berwirausaha siswa. Hal ini didukung dengan adanya efektivitas flipped learning yang berpengaruh pada peningkatan aktivitas belajar siswa dan minat berwirausaha yang ditunjukkan dengan perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan siswa pada proses pembelajaran. Melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa flipped learning sangat efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan minat berwirausaha khusunya pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan tata boga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pramana

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pramana: Jurnal Hasil Penelitian merupakan wadah publikasi hasil penelitian Agama Hindu yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian menerima artikel dari dosen dan para praktisi yang ahli di bidangnya, dari segala institusi, baik ...