Pramana: Jurnal Hasil Penelitian
Vol 2, No 2 (2022)

Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika

Hety Swastika (STAHN Mpu Kuturan)
I Komang Bagus Rian Sastrawan (STAHN Mpu Kuturan)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2022

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika yang diduga karena dalam proses pembelajaran cenderung masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika realistik berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Gugus III Tambora Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan rancangan penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus III Tambora Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana yang banyaknya 114 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan mengundi kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ekasari yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok eksperimen  dan siswa kelas V SD Negeri 2 Ekasari yang berjumlah 26 orang sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika (t=12,626 sig.0,000)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pramana

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Pramana: Jurnal Hasil Penelitian merupakan wadah publikasi hasil penelitian Agama Hindu yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Pramana: Jurnal Hasil Penelitian menerima artikel dari dosen dan para praktisi yang ahli di bidangnya, dari segala institusi, baik ...