Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika
Vol 2, No 2 (2015): Vol 2: Oktober 2015

Jeruk Sebagai Media Pembelajaran untuk Mengetahui Pengaruh Tingkat Keasaman (pH) terhadap Waktu Polarisasi pada Elemen Volta

Setyawati, Yudi ( SMP Negeri 3 Selomerto, Wonosobo, Jawa Tengah)
Yusuf, Kholid ( SMP Negeri 1 Garung, Wonosobo, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2015

Abstract

Fokus pembelajaran yang bermakna adalah mengkonstruksikan pengetahuan yang didalamnya siswa berusaha memahami materi sesuai apa yang mereka alami. Kegiatan di dalam laboratorium merupakan salah satu pembelajaran yang melibatkan peserta didik terlibat aktif membuktikan suatu konsep fisikaSalah satu materi pada kelas IX adalah elemen volta. Elemen volta tidak dapat menghantarkan arus listrik dalam waktu yang lama karena terjadinya polarisasi. Untuk membuat pembelajaran menarik, diperlukan media yang manyenangkan dan menantang, media digunakan untuk menguji kadar pH dengan proses polarisasi. Larutan elektrolit yang digunakan adalah ekstrak jeruk yang dikondisikan dengan pH berbeda, buah jeruk dipilih sebagai larutan elektrolit karena bersifat asam, mudah di dapat dan murah. Elektrodanya lempeng Cu sebagai kutub positif dan lempeng Zn sebagai kutub negatif. Dari hasil kegiatan diperoleh data, semakin rendah nilai pH larutan (semakin asam) proses polarisasi terjadi lebih lama dibandingkan ekstrak jeruk yang memiliki nilai pH lebih tinggi (kurang asam).

Copyrights © 2015