Dalam pelayanan rawat jalan di Rumah Sakit Harapan dan Doa Kota Bengkulu terdiridari bagian pendaftaran, penyimpanan dan pendistribusian berkas rekam medis, pada kegiatantersebut sudah memiliki SOP dan Alur Pasien Rawat Jalan Poliklinik, serta SOP PendistribusianBerkas Rekam Medis. Namun, pada pelaksanaannya masih terdapat kendala dan permasalahanseperti lamanya waktu tunggu pada saat mendaftar, belum tersedianya rak sortir untuk masingmasing poliklinik, pendistribusian berkas rekam medis yang membutuhkan waktu yang lamasehingga menimbulkan permasalahan pada mutu pelayanan rekam medis, banyaknya keluhandari pasien terhadap waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pelaksanaan pelayanan rekam medis rawat jalan di Rumah Sakit Harapan dan DoaKota Bengkulu. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkankejadian yang diamati secara langsung. Metode yang digunakan adalah observasi yaitu penelitianyang mengamati secara langsung terhadap sumber penelitian. SOP pendistribusian berkas rekammedis di RSHD Kota Bengkulu berjumlah 0 % dinyatakan patuh, dan 100 % dinyatakan tidakpatuh, Waktu kegiatan pengisian format data sosial di RSHD Kota Bengkulu dari 10 pasiendapat diperoleh 1 (10%) dinyatakan cepat, dan 9 (90%) dinyatakan lambat, Waktu kegiatanpasien diwawancara untuk mendapatkan kelengkapan data pasien di RSHD Kota Bengkulu dari10 pasien dapat diperoleh 4 (40%) dinyatakan cepat, dan 6 (60%) dinyatakan lambat, Waktukegiatan mengentry data dan print di RSHD Kota Bengkulu dari 10 pasien dapat diperoleh 9(90%) dinyatakan cepat, dan 1 (10%) dinyatakan lambat, Waktu kegiatan pencarian berkasrekam medis di RSHD Kota Bengkulu dari 10 pasien dapat diperoleh 5 (50%) dinyatakan cepat,dan 5 (50%) dinyatakan lambat, Waktu pendistribusian berkas rekam medis di RSHD KotaBengkulu dari 10 pasien dapat diperoleh 5 (50%) dinyatakan cepat, dan 5 (50%) dinyatakanlambat.
Copyrights © 2019