Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2023)

Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional

Restu Tera Astria (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Kusno Kusno (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Dengan mengkaji alat musik tradisional berdasar etnomatematika, siswa dapat belajar matematika dan seni dengan cara yang lebih menyenangkan dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil eksplorasi etnomatematika pada alat musik tradisional yang dapat digunakan sebagai media ajar untuk peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan dan mininjau 10 artikel terkait alat musik tradisional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada alat musik tradisional efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan memberikan dampak positif bagi peserta didik.By studying traditional musical instruments based on ethnomathematics, students can learn mathematics and art in a more fun and interesting way. The purpose of this research is to explain the results of ethnomathematics exploration on traditional musical instruments that can be used as teaching media for students. This study uses the SLR method (Systematic Literature Review). Data was collected by documenting and reviewing 10 articles related to traditional musical instruments. The results of this study indicate that ethnomathematics-based mathematics learning on traditional musical instruments is effectively used in the learning process and has a positive impact on students.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...