Sebagian besar sekolah melakukan proses pembelajaran dengan model konvensional dimana pembelajran berfokus pada materi saja tidak dikaitkan langsung dengan lingkungan sekitar, sehingga peserta didik tidak dapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X, sedangkan sempel penelitian ini adalah kelas X.9 sebagai kelas kontrol dan X.11 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dapat dihitung dengan menggunakan rumus uji T. Dari hasil penelitian yang diperoleh rata-rata nila posttest yang diperoleh kelas eskperimen yaitu 78,33 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontor yaitu 72,44, dari perhitungan thitung 2,486 dengan ttabel1,667 maka H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik
Copyrights © 2023