Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif. Model CPS merupakan suatu model yang menggunakan enam tahapan pembelajaran yaitu Objective Finding, Fact Finding,Problem Finding, Idea Finding, Solution Finding dan Acceptance Finding. Proses Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa 10 soal essay pretest dan posttest. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI dengan sampel kelas XI IPA 1 (eksperimen) dan XI IPA 6 (kontrol), pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sifnifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model CPS. Hal ini ditunjukan oleh rata- rata-rata posttest pada kelompok eksperimen sebesar 89 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata posttest sebesar 81. Analisis uji Mann-Whitney dari hasil tersebut hipotesis yang diajukan diterima dengan perolehan Asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang sangat signifikan, maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan model CPS berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi manusia
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023