Kemampuan literasi sains menjadi kunci keberhasilan untuk menguasai kompetensi abad 21. Namun realitanya tingkat literasi sains di Indonesia masih pada katergori rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Berdasarkan hal tersebut pemerintah memasukkan literasi baik literasi bacaan dan sains menjadi muatan utama dalam kurikulum utamanya dalam pembelajaran rumpun ilmu pengetahuan alam. Pembelajaran biologi khususnya pada materi ekosistem sangat berkaitan upaya membangun perilaku peduli terhadap kelestarian lingkungan. Untuk itu, dibuatlah suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan serta tingkat keeratannya antara kemampuan literasi sains dengan perilaku peduli lingkungan peserta didik. Penelitian dilakukan kepada 60 peserta didik pada kelas 11 di dua sekolah yang berbeda. Diperoleh hasil kemampuan literasi sains pada seluruh sampel sebesar 63% termasuk dalam kategori cukup. Selanjutnya diperoleh tingkat peduli lingkungan pada seluruh sampel sebesar 73 termasuk kedalam kategori cukup. Hasil uji korelasi menggunakan produk momen diperoleh signifikansi 0,001<0,05 disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains memiliki hubungan terhadap perilaku peduli lingkungan. Tingkat keeratan hubungan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan tingkat keeratan hubungan 19% serta berhubungan positif.
Copyrights © 2023