Diera globalisasi seperti saat ini, sangat penting menanamkan pendidikan karakter sedini mungkin, agar peserta didik memiliki kepribadian berkarakter dan berbudi pekerti yang baik. Untuk mewujudkan itu diperlukan dukungan tidak hanya dari keluarga tetapi juga dari sekolah, salah satu cara menanamkan pendidikan karakter yaitu dengan mengimplementasikan Al-islam dan Kemuhammadiyahan di dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis Al-islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya. Penelitian ini menngunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan beberapa cara guru disekolah tersebut menerapkan AIK, (1)menghadirkan mata pelajaran kemuhammadiyahan untuk peserta didik, (2)mencerminkan nilai karakter dari prilaku guru di sekolah, (3)mengajarkan sholat berjamaah tepat waktu, (4)menyelipkan nilai karakter pada setiap pembelajaran, (5) mewajibkan peserta didik mengikuti hizbul wathan, (6)melakukan tadarus Al-Quran sebelum memulai pembelajaran. semua hal tersebut disambut antusias oleh seluruh peserta didik, namun untuk penanaman nilai karakter tidak hanya terfokus disekolah saja, tetapi juga didukung oleh keluarga dan lingkungan sekitar agar dapat tertanam dengan baik dalam kehidupan peserta didik.
Copyrights © 2023