Pembinaan guru merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah agar guru memiliki kompetensi dalam proses pembelajaran termasuk dalam mengelola pembelajaran di kelas. Pembinaan guru bertujuan agar dalam proses pembelajaran memiliki mutu pembelajaran. Berdasarkan hasil supervisi yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 8 Selat Hilir terhadap 10 orang guru, didapat bahwa belum semua guru menyiapkan perencanaan pembelajaran, perencanaan dibuat setelah pelaksanaan pembelajaran hanya untuk memenuhi administrasi saja.Oleh karena itu peneliti melakukan upaya dengan melaksanakan Program pembinaan guru dan supervisi akademik agar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran di SD Negeri 8 Selat Hilir. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 8 Selat Hilir dengan subjek penelitian adalah guru yang ada di sekolah ini yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tahap I siklus I total skor observasi mencapai 90 dan skor rata-rata adalah 8,8. Atau 60%, tahap II siklus I total skor observasi mencapai 96 dan skor rata-rata adalah 9,3. Dan tahap III siklus I total skor observasi mencapai 99 dan skor rata-rata adalah 9,6. Pada siklus II ini, Kepala sekolah melaksanakan Program pembinaan guru dan supervisi akademik dengan 3 X pertemua yakni tahap I, II dan III. Pada tahap I siklus II guru sudah mulai faham dan mampu dalam mengefektifkan pembelajaran dan sudah maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 11,3 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X4 = 12, yang berarti Kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran sudah sangat baik.
Copyrights © 2023