Penelitian ini, sangat penting dalam konteks penerapan etika guru dan siswa, yang digunakan dalam kehidupan manusia, terlebih masa modern ini banyaknya terjadi kemerosotan etika. Urgensi dalam mempelajari materi pendidikan etika bertujuan untuk menjadikan seseorang memiliki pondasi integritas yang baik dalam kehidupan sosial sehingga dapat menghadapi tantangan perubahan dan perkembangan zaman. Rumusan dan tujuan masalah dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui: Bagaimana konsep pendidikan etika guru dan siswa, Apa saja faktor yang mempengaruhi etika guru dan siswa, dan Apa saja faedah yang dibutuhkan untuk keberhasilan guru dan siswa dalam pendidikan etika di dalam kitab Al-Manhaj As-Sawiyyi. Penelitian ini, menggunakan pemaparan kajian pustaka tentang pemikiran tokoh. Hasil dari penelitian ini adalah seorang guru harus memiliki sikap: adil, tidak malu untuk menjawab “aku tidak tahu, berhati-hati dalam berfatwah, zuhud, tawadhu’, meninggalkan perdebatan dan perselisihan, menjauhi penguasa, dan lemah lembut terhadap siswa. Sedangkan siswa harus melakukan: mensucikan hati dan mengosongkannya dari kemaksiatan, ikhlas dalam menuntut ilmu, tawadhu’, berkhidmah kepada guru, mengambil faedah ilmu dari mana saja, sedikit makan dan tidurnya (tirakat).
Copyrights © 2023