Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pemilik coffee shop di Tamansari, Banyuwangi, dalam menggunakan media sosial untuk pemasaran. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan dan pengelolaan akun media sosial, serta strategi pemasaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para pemilik coffee shop telah memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya media sosial untuk pemasaran. Namun, masih banyak yang perlu ditingkatkan dalam hal teknis pembuatan dan pengelolaan akun, serta strategi pemasaran digital. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pemilik coffee shop dapat meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis mereka melalui media sosial. Berdasarkan hasil statistik dengan regresi linier terhadap pre dan pos tes, didapatkan nilai korelasi koefisien = 0,876457 yang berarti memiliki korelasi positif kuat. Presentase keberhasilan kegiatan ini sebesar 76,8% yang didapatkann dari nilai R square. Sedangkan nilai significance F = 0,000876, memiliki makna bahwa kegiatan diseminasi ini memiliki pengaruh secara signifikan karena nilai tersebut lebih dari batas ambang 0,05
Copyrights © 2023