EDUCATE : Journal of Education and Culture
Vol. 1 No. 03: September 2023

Pemanfaatan Teknik peta Konsep Dalam Pembelajaran Puisi Untuk Meningkatkan Minat Dan Keterampilan Pemahaman Sastra Siswa: Utilization of Concept Map Techniques in Poetry Learning to Increase Interest and Literary Comprehension Skills

Riri Mariansa Saib (UNIVERSITAS NURUL HUDA SUKARAJA)
Sugiarti (Universitas Nurul Huda Sukaraja)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan megetahui tentang Penyusunan kurikulum  puisi dengan peta konsep. Mempersiapkan guru kelas untuk mempelajari puisi dengan peta konsep. Penerapan puisi akademik dengan peta konsep. Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran puisi dengan peta konsep. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data dan verifikasi data. Pengujian kebenaran data diterapkan dengan menggunakan  sumber dan teknik teknik segitiga. Hasil  Penelitian ini memiliki 4 kesimpulan. (1) Proses penyusunan kurikulum  puisi pada peta konsep  dari lokakarya persiapan perangkat pembelajaran berupa kurikulum, program tahunan, program semester, RPP  peta konsep. (2) Mempersiapkan guru kelas untuk pembelajaran puisi menggunakan peta konsep dengan meningkatkan profesionalisme guru, misalnya dengan meningkatkan pendidikan, pelatihan, seminar. (3) Penerapan puisi akademik dengan peta konsep yang berkaitan dengan pelaksanaan tujuan pembelajaran. Penerapan bahan pelajaran. Penerapan metode pembelajaran.  Pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutupan Gunakan lingkungan belajar yang sesuai. Pelaksanaan evaluasi kognitif, afektif dan psikomotorik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educate

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Editors accept theory-based and research articles. The scientific scope of this journal includes Education, Socio-cultural Anthropology, Literature, Applied Linguistics, History, Art, Architecture and Urban and Regional Planning, Religion and Philosophy. Articles can come from any of the following ...