Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
Vol 7, No 2 (2023): Vol 7, No 2 (2023)

Metode Pembelajaran Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Tuna Grahita di SLB Ganda Daya Ananda

Sadiyah, Halimatus (Unknown)
Aini, Aulia Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Sekolah Luar Biasa (SLB) Ganda Daya Ananda adalah  salah satu sekolah yang melayani siswa dengan berbagai kebutuhan khusus. Dimana dalam sekolah ini siswa tidak dituntut untuk dapat mengikuti kurikulum yang ada, namun belajar sesuai dengan kemampuan mereka. Pengabdian ini dilakukan adalah untuk mengetahui metode yang tepat dalam pembelajaran matematika anak tunagrahita. Guru dapat melakukan pembelajaran yang sesuai bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus tunagrahita. Guru harus perlahan dalam menjelaskan materi matematika yang ada sehingga anak anak tunagrahita dapat memahami pembelajaran yang ada. Hal tersebut karena pelajaran matematika merupakan pelajaran yang abstrak dan membutuhkan pemahaman yang lebih dibandingkan pelajaran-pelajaran yang lain. Kemudian sulitnya menerima materi oleh anak tunagrahita karena akademiknya terhambat. Pemebelajaran yang dilakukan adalah dengan pengajar harus bisa menguasai kelas, harus aktif berkomunikasi dengan siswa, dan juga menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa tunagrahita

Copyrights © 2023