Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 4 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Quiz Team Dalam Pembelajaran Matematika

Lili Herlina (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Aniswita Aniswita (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Risnawita Risnawita (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Tasnim Rahmat (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar matematika menggunakan model quiz team lebih baik daripada mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII SMP N 3 Tigo Nagari tahun pelajaran 2021/2022, dengan pemilihan sampel dilakukan secara acak. Kelas VIII.B menjadi kelompok eksperimen, sedangkan kelas VIII.C menjadi kelompok kontrol. Data keaktifan siswa diperoleh dari angket keaktifan dan hasil belajar diperoleh melalui tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Quiz Team mencapai 68,78%, dalam kategori aktif. Dan hasil belajar matematika siswa diolah menggunakan uji-t menghasilkan thitung= 4,837 dan ttabel = 1,68, karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf nyata ? = 0,05 dan Analisis menggunakan perangkat lunak SPSS26 juga menunjukkan nilai Sig= 0,000, yang menunjukkan bahwa sig ? ? dengan ? = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Quiz Team lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP N 3 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Model Quiz Team

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...