AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
Vol 10, No 1 (2023): Juni 2023

Marketing Public Relations pada Startup dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Era Marketing 4.0

Rohnulyanti, Hanim (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia hari ini semakin banyak startup bermunculan dan tumbuh. Berbicara mengenai keberhasilan startup, tak dapat dipungkiri ada peran besar public relations di sana. Ada strategi tertentu pada kegiatan public relations yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai target marketing. Hal tersebut tercatat mampu meningkatkan perkembangan startup lebih cepat dan mencapai target. Di tengah isu regulasi, startup Indodax.com berupaya memberikan edukasi kepada publik melalui berbagai kegiatan yang menyampaikan konsep blockchain dan aset-aset kripto. Mungkinkah ini menjadi bagian dari strategi marketing public relations mereka? Peneliti menggunakan konsep marketing public relations Thomas L. Harris. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran strategi marketing public relations yang digunakan Indodax.com dalam membangun kepercayaan konsumen di era marketing 4.0. Penelitian ini bersifat deskriptif, menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menyatakan, dalam  proses membangun kepercayaan konsumen Indodax.com menggunakan tiga strategi utama sebagai pilar dalam kegiatan marketing public relations: 1)strategi dorong (power); 2)strategi tarik (public relations); 3)strategi melewati (power+corporate public relations). Indodax.com menggunakan tools tertentu pada setiap strategi sesuai dengan publik yang mereka hadapi. Di antara tools tersebut: forum online dan media sosial (strategi dorong); seminar/konferensi dan ekshibisi (strategi tarik); menilai masalah, tindakan menasihati, dan komunikasi (strategi melewati).

Copyrights © 2023