Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan
2015: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akuntansi dan Keuangan

METACOGNITIVE AWARENESS : SEBUAH UPAYA OPTIMALISASI KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Sumaryati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2015

Abstract

Pemahaman dan pembiasaan strategi metakognisi sangat dibutuhkan bagi seseorang yang sedang melakukan proses pembelajaran. Strategi ini memfasilitasi seseorang untuk mampu mengontrol pembelajarannya dalam hal ini merencanakan, memonitoring dan mengevaluasi proses belajarnya agar dapat berjalan efektif dan efisien. Individu yang sudah terbiasa menggunakan strategi ini akan menemukan cara yang tepat  dalam memahami sesuatu, mengembangkan cara memecahkan masalah serta kemampuan melakukan self asesmen. Tujuan penulisan artikel ini adalah menawarkan suatu strategi yang mampu membantu pebelajar dalam mengoptimalkan kualitas proses belajarnya. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil review literature yang relevan. Artikel ini menyimpulkan bahwa strategi metakognitif dapat dikembangkan melalui pengalaman belajar secara berkelanjutan sejak mahasiswa baru masuk perguruan tinggi sampai mereka lulus. Kata kunci: Metacognitive, pembelajaran akuntansi

Copyrights © 2015