Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X-I SMA Negeri 1 Bobotsari tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa X-I SMA N 1 Bobotsari Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi, (b) wawancara, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar. Sebelum diterapkan medel pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan pendekatan saintifik nilai rata-rata kelas adalah 69,88 atau dengan presentase ketuntasan 32,36%. Sedangkan kreativitas berpikir siswa pada aspek berpikir lancar2,94%, berpikir luwes 0%, berpikir orisinil2,94%, elaborasi 2,94%, dan evaluasi0%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 77 atau dengan presentase ketuntasan 70,59%. Sedangkan kreativitas berpikir siswa pada aspek berpikir lancar 47,05%, berpikir luwes 61,76%, berpikir orisinil 55,88%, elaborasi 52,95%, dan evaluasi 58,82%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 81 atau dengan presentase ketuntasan 82,35%. Sedangkan kreativitas berpikir siswa pada aspek berpikir lancar 82,35%, berpikir luwes 73,53%, berpikir orisinil 79,41%, elaborasi 85,30%, dan evaluasi 70,58%. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Pendekatan Saintifik, Kreativitas Berpikir, Prestasi Belajar.Â
Copyrights © 2015