Penelitian ini menggunakan desain non equivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK terhadap Literasi Sains Siswa kelas V SDN 01 Taman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penelitian menggunakan pretest dan posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 54 siswa yang dibagi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan.hasil penelitian.yang.telah dilakukan peneliti dilapangan yakni di kelas VB SDN 01 Taman Madiun dengan model pembelajaran konvensional dan ceramah sebagai kelas kontrol dan kelas VA SDN 01 Taman Madiun menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK sebagai kelas eksperimen secara statistik menunjukkan bahwa nilai sig.(2 talled) kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05, sedangkan untuk kelas kontrol 0,005 < 0,05 maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Jadi keputusan uji hipotesis pada penelitian ini dinyatakan “Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK terhadap Literasi Sains Siswa kelas V SDN 01 Taman”.
Copyrights © 2023