Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kontruktivisme pada hasil belajar kemampuan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Bandar Lampung. Penelitian merupakan penelitian pre-eksperimental dengan tipe one group design. Metode penelitian ini menggunakan instrument tes yang dilakukan 2 kali yaitu pre-test dan post test sebagai design eksperimen untuk meneliti pengaruh peserta didik seudah menerima pelakuan melalui pembelajaran kontruktivisme terhadap materi yang diberikan pada desain ini. Pre- test diterapkan untuk mengetahui bentuk kondisi awal peserta didik sebelum menerima perlakuan. Pada kondisi ini, sampel yang ditemukan merupakan pemahaman atau hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran kontruktivisme. Sedangkan, post-test atau tes kedua dilakukan setelah siswa telah menerima perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan kontruktivisme untuk mengetahui perubahan yang dialami siswa menggunakan analisis data yang ditampilkan dalam bentuk persentase (%) sebagai penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pembelajaran kontruktivisme ini berpengaruh kepada kemampuan menulis siswa pada mata pelanajaran bahasa Indonesia dengan cukup signifikan yang dengan ditunukannya perubahan tingkat kemampuan peserta didik setelah mengalami perlakuan, yaitu  rata- rata hasil belar, kategori hasil belajar dan kategori ketuntasan yang meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023