Metode pembelajaran adalah salah satu cara guru untuk memberikan pembelajaran yang layak pada penerima pembelajaran atau peserta didik, cara yang jelas dan sistematis merupakan salah satu instrumen bagi guru untuk menyampaikan sesuatu pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 Eksekutif Mis Nurul Hadina. Penelitian ini terjadi dikarenakan pentingnya dalam menggunakan atau menentukan model pembelajaran pada pembelajaran sekolah,sehingga tercapainya tujuan akhir pendidikan. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam metode penyelesaian masalah pada peserta didik dalam penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran pada pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif,Sehingga dalam proses penelitian dapat memudahkan pembaca dalam mengkaji serta menelaah proses yang terjadi dalam penelitian ini.Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi non-partisipan yang dalam pelaksanaannya, peneliti tidak terlibat dalam kegiatan informan yang diteliti. Setelah penelitian ini dilakukan Dari hasil yang telah diteliti ditemukan fakta bahwa model pembelajaran problem based learning merupakan metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas 3 dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa.
Copyrights © 2023