Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa melalui pementasan tembang dolanan anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGMI semester VI Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta. Observasi dilakukan menggunakan lembar observasi. Lembar observasi terdiri dari tiga aspek yaitu keterlibatan aktif, kreatif dan kebersamaan. Setelah data diperoleh maka, dilakukan analisis data dari siklus pertama sampai dengan siklus ketiga. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tersebut dapat menumbuhkan kreativitas mahasiswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari analisis data yang diperoleh dari siklus pertama sampai dengan siklus ketiga. Siklus pertama menunjukkan keterlibatan aktif sebesar 75%, kreatifitas 50%, dan kebersamaan 37,5%. Pada siklus kedua menunjukkan keterlibatan aktif sebesar 87,7%, kreativitas 75% dan kebersamaan 62,5%. Pada siklus ketiga menunjukkan keterlibatan aktif sebesar 100%, kreativitas sebesar 87,5% dan kebersamaan sebesar 100%.
Copyrights © 2023