Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol 1 No 3 (2023): Jurnal Inovasi Pendidikan

Penerapan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Perilaku Efikasi Diri Siswa Kelas VIII F MTs Negeri 1 Banyuwangi

Elvira Aisyah Amartha (Universitas PGRI Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Banyuwangi yang bertujuan untuk meningkatkan Efikasi Diri siswa kelas VIII F, melihat apakah dengan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan Efikasi Diri siswa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Efikasi diri siswa. Populasi dari penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII F yang berjumlah 34 Siswa. Sampel dari penelitian ini berjumlah 7 siswa setelah di uji kuisioner yang termasuk dalam kategori efikasi diri rendah. Penelitian ini dilakukan selama 6 kali pertemuan untuk melalukan treatment. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen (pre experimental), dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, kuisoner dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan SPSS 26 dengan analisis Paired Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri siswa sudah meningkat yang diindikasikan dengan terjadinya beberapa perubahan setelah dilakukan treatment diantaranya, remaja yang awalnya takut saat berbicara didepan kelas, dan takut saat berpendapat, saat ini siswa sudah mulai berani mencoba sesuatu yang baru. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik Diskusi efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Inovasi Pendidikan meliputi: 1. Inovasi Pembelajaran 2. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan 3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4. Pendidikan Anak Usia Dini 5. Pendidikan Agama Islam dan Kepesantrenan 6. Manajemen Pendidikan Inklusif 7. Pendidikan Vokasi 8. Pendidikan Nonformal ...