Mimbar PGSD Flobamorata
Vol. 1 No. 3: Agustus 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR

Dimas Qondias (STKIP Citra Bakti)
Fransiska Angelina Dhoka (STKIP Citra Bakti)
Hendriana Audogsia Mawa (STKIP Citra Bakti)
Maria Stefania Weo (STKIP Citra Bakti)
Yosefina Uge Lawe (STKIP Citra Bakti)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kajian literatur dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan artikel nasional sesuai fokus kajian, pada tahun 2017-2023. Data dianalisis dengan tiga tahapan yaitu organize, synthesize, dan identify. Hasil kajian ini diperoleh 15 artikel sesuai dengan fokus kajian, yang menyatakan berbagai model pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan kreativitas siswa SD. Dari berbagai pengujian model pembelajaran berbasis proyek yang telah dikaji menyatakan pengemasan proyek disesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa di sekolah, sehingga proyek yang dilakukan mampu mendongkrak kreativitas siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mimbar PGSD Flobamorata adalah jurnal ilmiah yang berisi dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, dan ide-ide atau karya inovatif di bidang pendidikan dasar yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas ...