Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 6, No 2 (2023): Juli

Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Dewi Nurjanah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Yogyakarta)
Ahmad Agung Yuwono Putro (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media pembelajaran pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 2 Padokan. Di era saat ini berpikir kritis merupakan hal terpenting yang harus dikembangkan didalam diri siswa. Apabila didalam diri siswa sudah tertanam kemampuan berpikir kritis, dapat dimanfaatkan untuk menggali potensinya dalam melihat, memahami dan menyelesaikan suatu permasalahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan perencanaan pembelajaran meliputi persiapan guru sebelum mengajar, pemilihan media sesuai materi dengan memilih media yang tidak rumit. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dari guru menyampaikan tujuan pembelajaran hingga diakhiri dengan evaluasi. Kemampuan berpikir kritis siswa meliputi siswa mampu menganalisis pendapat, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, memecahkan permasalahan dengan bantuan guru menganalogikan kasus yang mirip/video, membuat kesimpulan dan mengevaluasi/menilai berdasar pengamatan meskipun guru harus memberikan penjelasan tambahan. Kendala yang dialami oleh guru berupa waktu & biaya yang diperlukan dalam membuat media.Abstract: This study aims to describe the implementation of the use of instructional media on the critical thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 2 Padokan. In the current era, critical thinking is the most important thing that must be developed in students. If students have instilled the ability to think critically, it can be used to explore their potential in seeing, understanding and solving a problem. This type of research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusion. This study shows that lesson planning includes teacher preparation before teaching, selection of media according to the material by choosing media that is not complicated. The implementation of learning starts from the teacher conveying the learning objectives to ending with an evaluation. Students' critical thinking skills include students being able to analyze opinions, ask questions, answer questions, solve problems with the help of the teacher analogous to similar cases/videos, make conclusions and evaluate/assess based on observations even though the teacher has to provide additional explanations. Constraints experienced by teachers in the form of time & costs required in making media. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...