Education Journal of Indonesia (EJI)
Vol. 4 No. 2 (2023)

Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siklus Akuntansi Kelas X AKL SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2022/2023

Fatmawarni (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Annisa Ul-Ula (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh video pembelajaran interaktif dengan menggunakan Powtoon terhadap hasil belajar siklus akuntansi kelas X AKL SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2022/2023. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 Siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Pre Eksperimental One Group Pre-test Post-test Design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuesioner (angket) dan Tes yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh video pembelajaran interaktif dengan menggunakan Powtoon terhadap hasil belajar kelas X AKL 1 hal ini didukung dari hasil perhitungan nilai thitung sebesar 5,044. Sedangkan untuk ttabel pada N = 34-1 yaitu 2,034. Maka thitung   5,044 > ttabel 2,034. Besarnya persentase pengaruh video pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar siswa didapat nilai korelasi sebesar 0.886. berarti dalam penelitian ini tingkat hubungan antara variabel video pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar kelas X AKL 1 SMK Swasta Budi Agung Medan sebesar 88,6%. Hal ini berarti Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Powtoon terhadap Hasil Belajar Siklus Akuntansi kelas X AKL 1 berada pada kategori tinggi, dengan nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 62,86 dan nilai rata- rata posttest yaitu sebesar 80,17. Kata Kunci: Video Pembelajaran Interktif, Powtoon, Hasil Belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eji

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

EJI | Education Journal of Indonesia is the International Journals managed by University of Muhammadiyah Sumatera Utara to improve the ability of lecturers, researchers in writing and researching in the fields of education. This journal was first published in November 2020. EJI is an open access and ...