Jurnal Infomedia
Vol 8, No 1 (2023): Jurnal Infomedia

Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Landmark Pariwisata Aceh

Mursyidah Mursyidah (Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Husaini Husaini (Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Herri Mahyar (Politeknik Negeri Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Abstrak— Banyaknya daerah wisata yang menarik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Namun, tidak semua tujuan wisata di Aceh diketahui oleh masyarakat sekitar maupun dari luar Aceh karena kurangnya informasi yang menarik. Salah satu pengembangan dari bidang multimedia untuk memberikan pengenalan landmark pariwisata kepada pengunjung agar lebih mudah dalam mencari informasi wisata dengan menggunakan teknologi augmented reality. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sudut kemiringan kamera yang ideal sehingga menampilkan objek 3D yang sempurna dan mengetahui nilai skala marker yang dapat menemukan pola image target dari jarak yang jauh, sehingga menampilkan objek 3D. Dengan demikian memudah wisatawan untuk mencari informasi pariwisata  yang ada di Aceh, pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity3D. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan aplikasi augmented reality dapat diterapkan pada perangkat Android, dengan hasil pengujian jarak terbaik kamera membaca marker yaitu 20 cm s.d. 60 cm dengan sudut terbaik yaitu 0o s.d. 40o dengan ukuranskala marker dari 50 s.d. 500. Abstract—The number of interesting tourist areas that can be visited by tourists. However, not all tourist destinations in Aceh are known to the surrounding community or from outside Aceh because of the lack of interesting information. One of the developments in the multimedia field is to provide an introduction to tourism landmarks for visitors to make it easier to find tourist information using augmented reality technology. The study aims to determine the ideal camera tilt angle so that it displays perfect 3D objects and knows the scale value of markers that can find the target image pattern from a long distance, so that it displays 3D objects. Thus facilitating tourists to find tourism information in Aceh, making this application uses Unity3D software. Based on the test results it can be concluded that the augmented reality application can be applied to Android devices, with the best distance test results of the marker reading camera which is 20 cm to 60 cm with the best angle of 0o to 40o with a marker scale size of 50 to 500. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

infomedia

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Infomedia ini merupakan Wadah Karya Ilmiah dari Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer dengan bidang ilmu Teknik Informatika, Multimedia dan Jaringan dari berbagai kalangan, baik Akademis, Mahasiswa D4/S1/S2/S3, Praktisi, Industri, dan Instansi Pemerintahan. Harapan kami selaku Redaktur ...