INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 11, No 3 (2023): INPAFI

KELAYAKAN DAN KEPRAKTISAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERSTRUKTUR DAN TERINTEGRASI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA

Febriani Putri Keren Goni (Universitas Negeri Medan)
Deo Demonta Panggabean (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan e-modul berbasis inkuiri terstruktur terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada materi fluida dinamis di kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan jenis Research & Development (R&D) dengan model Borg & Gall, serta menggunakan pendekatan mixed method. E-modul dirancang dengan menggunakan aplikasi online Heyzine. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul fisika dinyatakan valid menurut ahli materi dengan persentase 98,63% dan ahli media dengan persentase 99%. E-modul fisika dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji coba lapangan terbatas pada siswa skala kecil (96,08%) dan respon guru fisika (97,59%). Pada uji coba lapangan besar terhadap siswa skala besar, diperoleh bahwa e-modul sangat praktis dengan persentase 96,56%. Dengan demikian, e-modul fisika berbasis inkuiri terstruktur terintegrasi SETS dinyatakan layak dan sangat praktis untuk dapat digunakan dalam proses belajar mandiri siswa, sehingga potensial meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fluida dinamis.   Kata Kunci: E-modul, fluida dinamis, inkuiri terstruktur, SETS 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...