Ad-Hoc Networks (VANET) merupakan pengembangan teknologi jaringan wireless dari MANET. VANET terdiri dari kelompok kendaraan bergerak yang dihubungkan oleh jaringan nirkabel. Hal ini memungkinkan mobil mengirim dan menerima informasi satu sama lain. Penggunaan utama VANET adalah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi khususnya untuk kendaraan mobil. Dalam beberapa tahun ini terdapat peningkatan jumlah kendaraan otonom khususnya mobil, sehingga kebutuhan akan VANET menjadi sangat penting. Jaringan VANET dalam mengirimkan control packet menggunakan broadcast routing dan tidak semua broadcast routing mengirimkan data paket. Broadcast routing ini dapat menimbulkan permasalahan berupa Broadcast Storm Problem (BSP). Hal ini yang menjadi dasar dalam melakukan penelitian mengenai evaluasi kinerja perutean broadcast routing pada VANET. Kinerja dari broadcast routing pada VANET dapat dinilai berdasarkan metrik secara umum seperti average end-to-end delay yang menunjukkan rata-rata waktu yang dibutuhkan sebuah paket untuk bergerak pada jalur dari node sumber ke node tujuan dan packet delivery ratio yang digambarkan sebagai rasio paket data yang diterima di tujuan akhir dengan total paket yang dihasilkan oleh sumbernya. Penelitian ini direncanakan dengan simulasi dengan algoritma no underlying topology khususnya yang menggunakan protokol Fixed Transmission Range (FTR) dengan penilaian kinerja average end-to- end delay dan packet delivery ratio dengan variasi pada jumlah node yang disimulasikan pada perangkat lunak Simulasi Urban Mobility.
Copyrights © 2023