JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
Vol 14, No 1 (2023)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EFEKTIF @gotbeef.id MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Ratih Hasanah Sudradjat (Telkom University)
Neema Aliifah Azzahra (Telkom University)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini fokus pada strategi komunikasi pemasaran yang efektif dari Restoran Got Beef melalui media sosial Instagram. Studi ini menganalisis tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dari strategi komunikasi pemasaran. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Got Beef secara strategis menentukan segmentasi pasar berdasarkan faktor geografis, demografis, psikografis, dan cara pembelajaran. Pasar target terdiri dari anak muda dan wanita yang tertarik dengan dunia kuliner, terutama makanan burger. Positioning Got Beef berkaitan dengan tema feminisme, bertujuan untuk membedakan dirinya dari pesaing dan membangun citra merek yang kuat. Dalam hal implementasi, strategi pesan yang digunakan oleh Got Beef bersifat persuasif, menggunakan bahasa informal dan konten visual yang menarik untuk berinteraksi dengan audiens. Sedangkan, Instagram dipilih sebagai media komunikasi utama karena popularitas dan jangkaunya. Tahap evaluasi menilai efek kognitif, afektif, dan konatif pada konsumen dengan mengukur pemahaman, koneksi emosional, dan tindakan yang diambil. Penelitian ini menyarankan peningkatan dalam kejelasan pesan komunikasi, fokus pada fitur reels Instagram, dan perekrutan ahli dalam media sosial atau pemasaran digital. Secara keseluruhan, studi ini memberikan wawasan tentang strategi komunikasi pemasaran yang efektif dari Got Beef dan menyoroti area-area yang perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRKom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political ...