Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
Vol 10, No 2 (2023)

Analisis Penerapan Media Powerpoint Ditinjau dari Kompetensi Guru Kelompok A di TK Negeri Pembina Semarang

Erviana, Mila (Unknown)
Tasu'ah, Neneng (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Guru era society 5.0 adalah guru dengan pemenuhan 4 standar kompetensi dasar yang cakap dengan penggunaan teknologi. Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia tergolong memiliki kompetensi yang rendah terhadap penggunaan teknologi. Hasil pengamatan di TK Negeri Pembina Semarang memiliki permasalahan yang sama yaitu guru mengalami kesulitan saat menerapkan teknologi sebagai media pembelajaran karena kurangnya pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional Guru Kelompok A TK Negeri Pembina Semarang dengan menerapkan media powerpoint  sebagai media teknologi sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Informan penelitian berjumlah 4 orang Guru Kelompok A di TK Negeri Pembina Semarang. Teknik pengumpulan data berupa  observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan powerpoint sebagai media pembelajaran komputer, guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dalam menyelenggarakan kegiatan mendidik menyenangkan sesuai karakteristik anak yaitu belajar sambil bermain dengan memanfaatkan teknologi. Selain itu, meningkatkan kompetensi profesional dalam mengembangkan materi sesuai bidang keilmuan dan merancang kegiatan kreatif sesuai perkembangan anak. Kontribusi penelitian ini yaitu pendampingan penerapan powerpoint. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa perlu adanya pendampingan lebih lanjut mengenai penerapan powerpoint sebagai rujukan dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait kompetensi guru di Indonesia.

Copyrights © 2023