Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI
Vol 9, No 2 (2023): JTK Periode Juli 2023

Implementasi Algoritma Klasifikasi Naïvebayes Untuk Menentukan Kesulitan Soal Quiz Menggunakan Renpy

Fathur Rosy (Universitas Mercu Buana)
Sukma Wardhana (Universitas Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Banyak game edukasi berjenis trivia dikembangkan dengan tujuan menguji kemampuan berfikir pemain. Namun, seringkali  pemain menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, Salah satu faktornya disebabkan oleh pertanyaan yang tidak seimbang, terlalu sulit atau terlampau mudah. Sehingga rasa monoton dan ketidaksesuaian dengan kemampuan si pemain membuat pengalaman bermain menjadi kurang memuaskan. Peluang untuk menghasilkan pertanyaan yang sesuai dengan kemampuan pemain sebenarnya bisa diprediksi berdasarkan data dari pemain dengan suatu metode. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan teknik dalam data mining yaitu klasifikasi naïve bayes. Algoritma naïve bayes digunakan untuk mengklasifikasikan tingkat kesulitan soal berdasarkan parameter yang dihasilkan oleh pemain yaitu kecepatan menjawab soal,jawaban benar atau salah dan berapakali pemain salah dalam menjawab soal yang didesain dalam bentuk healtbar. Sedangkan parameter untuk keputusan tingkat kesulitan soal adalah Mudah, Sedang, dan Sulit. Hasil pengujian naïve bayes dengan sepuluh orang pemain mampu memberikan tingkat kesulitan soal yang sesuai dengan akurasi tertinggi sebesar 92.85% dan akurasi terendah sebesar 35.29% Sedangkan rata-rata akurasi yang didapat 66.5%. secara keseluruhan rata-rata akurasi Naïve Bayes menunjukkan tingkat keberhasilan yang cukup baik dalam pengujian tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtk

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknik Komputer merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Robotika, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft ...