Dalam kegiatan pembelajaran, seorang tenaga pendidik tentunya harus melakukan inovasi baru dari segipenggunaan media pembelajaran. Namun pada kenyataannya dalam proses pembelajaran di SMP Swasta Idanoiditemukan masalah dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya media yang bervariasi yang menyebabkan peserta didikkurang semangat dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media komik digitalberbasis flipbook pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama (SMP). Hasil Kelayakan iniberdasarkan dari hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Pemerolehan hasilvalidasi oleh materi mencapai 100% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli bahasa memperoleh 100%, dan hasilvalidasi ahli desain sebesar 98.33%. Tingkat kepraktisan komik digital berbasis flipbook pada uji coba perorangansebesar 93.33% dengan kriteria sangat sangat praktis, uji kelompok kecil sebesar 98.33% dengan kriteria sangat praktisdan uji coba lapangan sebesar 99% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas media pembelajaran juga telah terujisangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media komik digital berbasis flipbook pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Swasta Idanoi yang telah dikembangkan dengan model 4-D sangat layak digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023