Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran bahasa Indonesia berbasisDiscovery Learning yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan denganmenggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis (Analyze), Perancangan (Design), pengembangan (Development),implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian pengembangan video pembelajaran inidilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliduho. Hasil penelitian ini berupa produk video pembelajaran berbasisDiscovery Learning pada maateri mengidentifikasi struktur teks drama. Penilaian ahli materi revisi I mencapai 61,25%,pada revisi II mencapai 96,25%, dengan kriteria sangat layak. Penilaian Ahli bahasa revisi I 62,5%, pada revisi IImencapai 97,5%, dengan kriteria sangat layak. Penilaian ahli desain revisi I 37,5%, pada revisi II mencapai 91,25%dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian pada angket respon peserta didik uji coba kelompok memperoleh skor93,69% kategori sangat praktis. Pada uji lapangan memperoleh skor 93,19 % kategori sangat praktis. Penilaian tes hasilbelajar peserta didik memperoleh presentase ketuntasan klasikal pada uji coba kelompok 100 % dan uji coba lapangan92,59 % dengan kriteria sangat efektif. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan video pembelajaran yangdikembangkan dengan berbasis Discovery Learning sangat layak, praktis, dan efektif digunakan sehingga memenuhiharapan atau tujuan penelitian. Adapun saran peneliti yaitu penelitian ini dapat mendorong peneliti lain untuk membuatvideo pembelajaran bahasa Indonesia yang interaktif dan menggunakan aplikasi pembuatan video yang lebih baik.
Copyrights © 2023