Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Analisis Kecemasan dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Gerung Tahun Pelajaran 2022/2023

Ni Made Suliantiani (Universitas Mataram)
Nyoman Sridana (Universitas Mataram)
Tabita Wahyu Triutami (Universitas Mataram)
Harry Soepriyanto (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Matematika sebagai pendidikan yang fundamental dari berbagai cabang dari ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar matematika siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Gerung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk mendokumentasikan setiap proses penelitian, angket untuk mengidentifikasi kecemasan matematis, disposisi matematis, serta gaya belajar dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan materi turunan fungsi aljabar. Untuk uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas konstruk dengan menggunakan pendapat para ahli. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan 3 tahap yaitu uji asumsi klasikal, statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar matematika siswa pada setiap uji asumsi klasikal tidak masalah sehingga setiap data dapat diproses dengan menggunakan SPSS dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada kesimpulan untuk kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar diperoleh 16,6% kontribusi kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar visual, 15,5% kontribusi kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar auditorial, dan 18,6% kontribusi kecemasan dan disposisi matematis terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar kinestetik untuk kelas XI di SMA Negeri 2 Gerung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...