Guru sering menggunakan berbagai jenis media pembelajaran untuk mendukung proses pengajaran dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran biologi dan menganalisis kendala yang dihadapi oleh siswa SMA di kota Mataram dalam memanfaatkan media tersebut. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Observasi dan wawancara dilakukan kepada guru untuk mengetahui jenis-jenis media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran biologi di kelas. Penyebaran angket atau kuesioner dilakukan kepada 80 siswa untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa SMA di kota Mataram dalam menggunakan media tersebut. Hasil dari survei kemudian diklasifikasikan berdasarkan respons siswa. Data diperoleh dari mata pelajaran biologi di 8 sekolah di kota Mataram yang terdiri dari 2 MAN dan 6 SMAN. Hasil Identifikasi menunjukkan Media pembelajaran biologi yang digunakan guru di MAN dan SMAN kota mataram terdiri dari LKPD (16%), powerpoint (32%), video (8%), poster (8%), media realis (16%), media games (12%), dan LMS (8%). Penggunaan berbagai media ini membantu menciptakan pengalaman pembelajaran yang kaya dan menarik bagi siswa. Kendala yang dihadapi siswa saat menggunakan media pembelajaran yaitu aksesbilitas yang terbatas, keterbatasan keterampilan teknologi, kurangnya dukungan teknis, gangguan distraksi dan kesulitan dalam beradaptasi.
Copyrights © 2023