Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 4 (2023): November

Pengaruh Senam Otak Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Tahun Ajaran 2022/2023

Awantari, Qotrunada (Unknown)
Astini, Baik Nilawati (Unknown)
Habibi, Muazar (Unknown)
Nurhasanah, Nurhasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Perkembangan kognitif anak berkaitan erat dengan pengendalian otak sehingga untuk mengembangkan kognitif anak diperlukan upaya stimulasi otak. Salah satunya kegiatan stimulasi otak dapat dilakukan melalui senam otak (Brain Gym). Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh senam otak terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen. dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B Tk Tunas Bangsa yang berjumlah 23 anak. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pernyataan yang telah memenuhi kualitas instrumen. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Tes. Hasil dari penelitian ini adalah nilai (t -10,371 p, 0,000 < 0,005). Pembelajaran Konvensional (M=44,50 SD=1,314 memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah dibanding Pemberian kegiatan brain gym (M=50,45 SD=1,440). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh senam otak (brain gym) terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...