Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak di TK PGRI 18 Tanjung Luar, dilihat dari rendahnya minat anak dalam berkreasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode outdoor learning dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 18 Tanjung Luar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan analisis data kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 10 anak dan berkolaborasi dengan 1 guru. Hasil analisis data siklus I pertemuan pertama dan kedua menyatakan beberapa anak belum mampu mengajukan pertanyaan tentang apa yang tidak diketahuinya, beberapa anak belum mampu menyelesaikan kegiatan tanpa bantuan guru dan beberapa anak belum mampu mengungkapkan keindahan alam yang dilihatnya. Sehingga persentase pada siklus I mendapatkan rata-rata persentase sebesar 60%, skor persentase belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karna itu peneliti melanjutkan tindakan siklus II, pertemuan pertama dan kedua mendapatkan hasil bahwa semua tahapan sudah terlaksana, dengan rata-rata persentase sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor learning dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 18 Tanjung Luar Tahun 2023. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023