Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan model pembelajaran flipped learning berbasis inkuiri, mengembangkan rancangan model pembelajaran flipped learning berbasis inkuiri yang memenuhi syarat valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan tahapan (1)Analysis,(2)Design,(3)Development,(4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Semester VI mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis Program Studi Pendidikan Ekonomi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi instrumen, lembar observasi keterlaksanaan model, lembar observasi pengelolaan pembelajaran dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan validitas komponen model pembelajaran yang terdiri atas sintaks, sistem sosial dan prinsip reaksi,sistem pendukung dan dampak pengiring berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata kevalidan 3,38 (sintaks); 3,73 (sistem sosial dan prinsip reaksi); 3,70 (sistem pendukung) dan 3,84 (dampak pengiring). Model pembelajaran ini sangat sesuai melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab serta kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif bagi mahasiswa.
Copyrights © 2023